12 Ciri Hubungan yang Tidak Sehat

Ciri-ciri Hubungan yang Tidak Sehat

Bagaimana Anda tahu jika hubungan Anda masih layak dipertahankan? Anda mungkin sangat mencintai pacar Anda, tetapi itu memberi Anda lebih banyak sakit kepala daripada kebahagiaan. Atau mungkin itu menghalangi Anda untuk menjadi produktif dan semakin dekat dengan impian Anda.

Jika hubungan Anda sudah memiliki efek negatif pada Anda, maka itu bisa menjadi tidak sehat bagi Anda. Anda perlu menilai apa yang perlu diubah dan bagaimana melakukannya. Jika tidak ada yang terjadi, maka mungkin sudah waktunya untuk berpikir untuk pindah.

Berikut adalah beberapa karakteristik hubungan yang tidak sehat yang harus Anda renungkan:

Mempengaruhi Anda untuk Beralih ke Kebiasaan Buruk

Jika sebelumnya Anda tidak memiliki sifat buruk yang tidak sehat tetapi sekarang Anda memiliki berkat pengaruh pasangan Anda. Lalu apakah menurut Anda Anda masih berada di jalur yang benar? Contohnya adalah merokok atau menggunakan narkoba karena pasangan Anda telah mendorong Anda untuk bergabung dengannya dan beberapa teman.

Merahasiakan Hubungan

Jika pacar Anda tidak memperkenalkan Anda kepada keluarga dan teman-temannya atau dia mengatakan Anda berdua harus merahasiakan hubungan Anda, maka pasti ada sesuatu yang salah. Apakah karena dia tidak ingin berhubungan dengan Anda atau dia tidak bangga dengan hubungan Anda? Atau karena dia melindungi perasaan orang lain?

Tidak Ada Kepercayaan

Apakah Anda memiliki akses ke ponsel atau akun media sosial pasangan Anda? Jika Anda tidak memilikinya karena privasi pribadi lebih dihargai daripada transparansi dalam hubungan Anda, maka itu berbahaya. Kepercayaan sulit dibangun jika di benak Anda ada kecurigaan dan keraguan yang mengintai.

Tidak Didukung oleh Orang-orang yang Peduli Padamu

Jika keluarga, teman, atau orang lain yang benar-benar mencintai Anda tidak mendukung hubungan Anda, maka Anda harus bertanya mengapa. Mungkin mereka melihat sesuatu dalam hubungan Anda atau pasangan Anda yang tidak setuju. Karena mereka peduli dengan Anda, tentu saja, mereka tidak ingin Anda berada di tangan yang buruk.

Selalu Bertengkar dalam Menjalin Hubungan

Ada Pelecehan Secara Fisik, Verbal, Emosional, Psikologis atau Seksual

Bertengkar sebagai pasangan adalah hal yang wajar, tetapi jika sudah melibatkan pelecehan dalam satu atau lebih bentuk, maka itu pasti tidak sehat. Jika tidak dihentikan sejak dini, pelanggaran tersebut akan menjadi kebiasaan hingga membuat Anda mengalami kerusakan yang parah. Menikahi orang itu meskipun kasar akan seperti menempatkan diri Anda di penjara.

Menuntut Eksklusivitas

Sebuah hubungan yang menuntut semua waktu dan perhatian Anda adalah racun. Itu tidak akan memungkinkan Anda untuk tumbuh sebagai individu karena Anda begitu sibuk satu sama lain sehingga Anda tidak punya waktu lagi untuk mencari peluang dan bekerja keras untuk promosi. Ini juga mengarah pada sikap posesif dan cemburu.

Membawa Anda Menjauh dari Orang yang Anda Cintai

Hubungan yang tidak sehat bisa membuat Anda jauh dari keluarga dan/atau teman. Entah karena Anda kehilangan waktu untuk mereka karena dunia Anda berputar di sekitar pasangan Anda, atau karena hubungan Anda menyebabkan konflik dengan mereka.

Tidak Memiliki Arah yang Jelas

Jika Anda dan pasangan tidak pernah membicarakan masa depan Anda bersama, tanyakan alasannya. Apakah hubungan Anda terikat untuk pernikahan dan penciptaan keluarga atau hanya untuk kesenangan dan persahabatan saat ini? Jika yang terakhir, maka sudah pasti tidak sehat karena tidak ada komitmen yang pasti.

Mengalihkan Anda dari Prioritas Anda

Hubungan yang sehat dimaksudkan untuk membantu Anda menjadi orang yang lebih baik. Namun, jika Anda mengalihkan perhatian Anda dari tanggung jawab, maka itu tidak sehat. Contohnya akan datang ke kantor larut malam dan mengantuk karena telepon larut malam, ketidakmampuan belajar untuk ujian karena kencan, dan tidak dapat terikat dengan orang tua karena Anda lebih bersemangat untuk bersama kekasih Anda.

Pasangan Tidak Menghormati

Tidak Menghormatimu

Jika pasangan Anda mempermalukan Anda di depan umum atau memaksa Anda melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai, seperti berhubungan seks, maka hubungan Anda kurang dihargai. Skenario tidak hormat lainnya adalah menggoda orang lain, bahkan di depan Anda.

Ada Persaingan di Antara Kalian

Pasangan Anda harus menjadi salah satu pendukung utama Anda, tetapi jika Anda dapat merasa bahwa dia tidak menyukainya setiap kali Anda melampaui pencapaiannya, maka mungkin dia menganggap Anda sebagai saingan. Jika Anda merasakan hal yang sama terhadapnya, maka Anda harus bertanya-tanya apakah yang Anda miliki untuk satu sama lain adalah cinta atau hanya persaingan.

Tidak Memiliki Keamanan atau Jaminan

Jika Anda memperhatikan bahwa pasangan Anda merasa sulit untuk mengatakan “Aku mencintaimu”, mungkin dia tidak yakin dengan apa yang dia rasakan untuk Anda. Selain itu, jika Anda telah memergokinya beberapa kali menggoda orang lain dan itu membuat Anda merasa tidak aman dengan hubungan Anda, mungkin lebih baik pergi dulu.

Cinta Menghadirkan Yang Terbaik dalam Diri Anda

Hubungan yang sehat dapat memotivasi Anda untuk menjadi orang yang lebih baik. Ini adalah semacam kemitraan yang berusaha untuk saling membantu meningkatkan di berbagai bidang kehidupan—secara fisik, sosial, intelektual, emosional, finansial, dan spiritual. Ini memiliki efek positif holistik pada keberadaan Anda.

Jika hubungan Anda saat ini memberi Anda efek sebaliknya, maka disarankan agar Anda membicarakan situasi Anda. Anda dapat mulai dengan mengevaluasi masalah dalam hubungan Anda, dan kemudian merencanakan bagaimana menyelesaikannya. Jika kasusnya tidak ada harapan dan sepertinya tidak mungkin untuk diperbaiki, maka mungkin melepaskan adalah pilihan terbaik.

Facebook Comments Box
Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial