Biaya Nikah: Komponen Dan Contoh Rincian Anggarannya

Buat kamu yang sedang merencanakan rencana pernikahan, hal utama yang harus kamu perhitungkan adalah biaya nikah keseluruhan.

Dalam sebuah kehidupan rumah tangga, kesiapan secara finansial menjadi hal yang tak bisa diabaikan dan ini semua diawali dengan biaya untuk melangsungkan pernikahan.

Maka dari itu, kamu harus membuat anggarannya terlebih dulu sebelum meneruskan membuat rancangan pesta pernikahan. Anggaran ini akan membantu kamu untuk menentukan persiapan keuangan pernikahan.

Dan nantinya, biaya pernikahan ini harusnya sesuai dengan anggaran yang sudah kamu rencanakan sebelumnya. Kalaupun meleset juga ga terlalu jauh-jauh amat dari apa yang sudah kamu rencanakan.

Sebelum kita rinci berapa besar biaya pernikahan yang perlu kita siapkan, ketahui dahulu apa saja sih komponen-komponen biaya pernikahan. Cek daftarnya berikut ini.

11 Komponen Biaya Nikah

biaya nikah

Kebanyakan orang ingin menyelenggarakan pesta yang megah sebagai prestise bagi mereka. Apalagi jika mereka adalah orang penting yang memiliki banyak relasi.

Tapi jika anggaran yang kamu miliki tidak terlalu besar, maka buatlah konsep pernikahan dengan biaya nikah sederhana.

Namun, apapun gaya pernikahan kamu, entah mewah ataupun sederhana, setidaknya mengandung komponen biaya-biaya sebagaimana berikut:

  1. Biaya Seserahan/ Hantaran Pernikahan
  2. Biaya KUA
  3. Biaya Sewa Gedung/ Tempat
  4. Biaya Dekorasi Pelaminan
  5. Anggaran Undangan dan Souvenir Pernikahan
  6. Biaya Katering
  7. Cost Untuk Make up/Riasan dan Gaun Pengantin
  8. Anggaran Mahar (Mas Kawin)
  9. Budget Dokumentasi Foto dan Video
  10. Dana Hiburan Pernikahan
  11. Persiapan Budget Pernikahan Tak terduga

Penjelasan Rinci Masing-Masing Item Biaya Nikah

1. Biaya Seserahan/ Hantaran Pernikahan

Hantaran atau lamaran merupakan budaya dalam pernikahan di Indonesia yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita, secara turun temurun. Hantaran atau seserahan akan diberikan kepada calon mempelai wanita, oleh calon mempelai pria.

Biasanya, isi dari hantaran atau seserahan tersebut adalah barang-barang yang dikenakan atau dipakai oleh calon mempelai wanita sehari-hari. Misalnya make up, produk perawatan kulit dan tubuh, baju yang dikenakan setiap hari, pakaian dalam, tas, sepatu, parfum, dan sebagainya.

Biaya dari hantaran ini beragam, tergantung dari budget yang dimiliki calon pengantin. Membeli hantaran dengan harga murah bisa, tapi ingin yang bermerek atau harganya mahal juga bisa. Biasanya hal itu tergantung dari permintaan si calon mempelai wanita pada calon mempelai pria.

Simak Lebih Dalam: Daftar Isi Seserahan Nikah + Harga

2. Biaya KUA

Secara hukum, biaya ke KUA ini sebenarnya gratis. Namun, kamu dan pasangan harus menikah langsung di KUA antara hari Senin sampai Jumat.

Nah, jika kamu dan pasangan memilih hari libur yaitu Sabtu atau Minggu dan diselenggarakan di rumah/gedung/hotel, maka ada biaya administrasinya untuk itu. Biaya tersebut juga belum termasuk dengan biaya untuk membayar penghulu.

Biaya untuk penghulu tidak tentu, karena biaya ini hanya sebagai ucapan terima kasih saja untuk penghulu tersebut. Sedangkan untuk biaya administrasi di KUA setiap daerah biayanya berbeda-beda, dan tergantung pada wilayah/daerahnya masing-masing.

3. Biaya Sewa Gedung

Apabila kamu memutuskan untuk menikah di gedung, maka kamu juga harus persiapkan biaya untuk tempat diselenggarakannya pernikahan tersebut. Kamu bisa survey dahulu ke beberapa gedung yang sekiranya tidak jauh dari tempat tinggal kamu saat ini.

Besar atau kecilnya biaya gedung ini biasanya bergantung pada kestrategisan lokasi gedung itu sendiri. Semakin strategis gedungnya maka biayanya pun akan semakin mahal. Lakukan survey beberapa bulan sebelum hari H pernikahan, untuk mempersiapkan biaya gedung ini.

Namun jika biaya sewa gedung di sekitar tempat tinggal kamu cukup mahal, maka kamu bisa menikah di rumah saja. Alternatif lainnya bisa di Aula Masjid atau di Balai Pertemuan yang tentunya harganya akan jauh lebih terjangkau dibanding biaya sewa gedung.

4. Biaya Dekorasi Pelaminan

Untuk biaya dekorasi pelaminan biasanya cukup relatif dan ada beberapa pilihan harga yang bisa kamu sesuaikan lagi dengan budget. Selain itu, biaya dekorasi pelaminan ini biasanya sudah satu paket dengan biaya katering.

Walaupun tidak semua katering memiliki biaya paket lengkap yang sudah disatukan dengan dekorasi pelaminan. Untuk biaya dekorasi pelaminan pilih harga yang sedang saja atau sesuai kemampuan. Tidak harus mewah yang penting dekorasinya enak dipandang.

5. Anggaran Undangan dan Souvenir Pernikahan

Undangan pernikahan dengan souvenir juga biasanya dibuat satu paket, dengan memesan keduanya di tempat yang sama.

Harga dari undangan itu sendiri, tergantung dari desain dan bahan cetak undangan tersebut. Yang pasti, sebelum memesan, sebaiknya kalian lihat-lihat dulu berbagai contoh undangan pernikahan.

Undangan versi cetak ini memiliki desain dan kreativitas yang sangat bervariasi. Begitu pun dengan souvenir, kini banyak sekali jenis souvenir unik yang bisa digunakan tapi harganya juga terjangkau.

Memesan undangan sekaligus souvenir dalam satu paket dan di tempat yang sama akan meminimalisir budget. Walaupun sekarang sudah banyak vendor souvenir secara online yang lebih praktis.

Baca Lebih Lanjut: 49 Ide Souvenir Pernikahan

6. Biaya Katering

Apabila kamu menyewa gedung, kamu juga bisa memesan katering langsung di gedung tersebut dengan harga satu paket. Harga paketan ini biasanya lebih murah dibanding memesan satu per satu.

Namun jika harga paket pun terlalu mahal, kamu bisa mencari rekanan atau orang yang kenal dan memiliki jasa katering. Biasanya, harganya akan lebih terjangkau dengan kualitas rasa yang dijamin enak.

7. Cost Untuk Make up (MUA)/ Riasan dan Gaun Pengantin

Make up pengantin dan keluarga dengan gaun pengantin juga biasanya diambil dari satu tempat yang sama. Kamu bisa mencari salon khusus pengantin yang menyediakan rias dan gaun satu paket lengkap.

Penyewaan gaun biasanya sudah termasuk pakaian mempelai pria dan pakaian orang tua dari masing-masing pengantin. Penampilan kamu sebagai pengantin tentu menjadi hal yang utama. Maka hasil riasan pun menjadi poin penting.

Maka kamu bisa mencari MUA terbaik dengan hasil yang rapi dan bisa menyulap wajahmu menjadi lebih cantik dari biasanya. Harga MUA dan sewa gaun juga variatif, dan bisa kamu sesuaikan lagi dengan anggaran yang kamu punya saat ini/

8. Anggaran Mahar/ Mas Kawin

Mahar merupakan harta yang diberikan untuk calon mempelai wanita dari calon mempelai pria. Isi mahar ini bisa berupa apa saja, contohnya uang tunai, emas/logam mulia, seperangkat alat solat dan sebagainya.

Kamu bisa memilih jenis mahar yang sesuai dengan kemampuan pasangan kamu. Tak perlu memaksa, jika pasangan tidak ada budget lebih maka gunakan saja mahar ayat suci alquran.

9. Budget Dokumentasi Foto dan Video

Untuk jasa dokumentasi foto dan video bisa kamu pilih yang hasilnya sudah terbukti bagus, tapi harga juga tidak terlalu tinggi. Kini, sudah banyak jasa dokumentasi foto dan video. Mulai dari prawedding hingga dokumentasi di hari H pernikahan, bisa kamu peroleh lengkap.

Sama dengan biaya yang lainnya, kamu harus lakukan survey dahulu di beberapa jasa dokumentasi foto dan video. Lihat bagaimana portofolio yang mereka miliki dan sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

10. Dana Hiburan Pernikahan

Dana hiburan ini maksudnya acara-acara lainnya seperti upacara adat dan musik yang mengiringi para tamu saat mereka menikmati acara. Gunakan juga jasa entertainment pernikahan yang profesional tetapi harganya masih terjangkau.

11. Persiapan Anggaran Tak terduga

Satu hal yang penting dalam persiapan anggaran yang kamu miliki yaitu anggaran yang tidak terduga. Biaya tak terduga hampir selalu ada di beberapa acara tertentu, begitupun dengan acara pernikahan.

Untuk jumlah anggarannya bisa kamu diskusikan dengan pasangan kira-kira harus menganggarkan berapa untuk biaya tak terduga ini. Buat list terlebih dahulu, kira-kira apa saja yang termasuk ke biaya tak terduga ini.

Contoh Rincian Anggaran Biaya Pernikahan (Budget 50-an Juta)

rincian anggaran biaya pernikahan

Besar atau kecilnya rincian biaya pernikahan itu relatif, karena tergantung pada konsep pernikahan yang seperti apa yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin pernikahan yang megah maka biayanya pun pasti akan lebih besar, tetapi jika kamu ingin selenggarakan pesta yang biasa saja maka biaya pernikahan yang sederhana saja menjadi pilihan yang paling tepat.

Di artikel ini, akan kita jabarkan biaya pernikahan sederhana, yang umum diselenggarakan oleh pengantin yang berlokasi di kota/ kabupaten menengah di Indonesia. Di mana umumnya, anggarannya kurang lebih berkisar di angka 50-an juta dengan jumlah tamu undangan 300an orang.

Mari kita lihat rincian dari anggaran untuk biaya pernikahan sederhana dengan budget 50-an juta dan jumlah tamu undangan 300 orang:

  1. Biaya seserahan (hantaran) nikah Rp. 1000.000
  2. Biaya pendaftaran KUA Rp. 600.000
  3. Biaya sewa gedung pernikahan + Dekorasi Rp. 15.000.000
  4. Biaya undangan Rp. 3.000 & souvenir Rp. 5.000, total untuk 300 tamu Rp.2.400.000
  5. Biaya katering Rp. 50.000 x 300 tamu = Rp. 15.000.000
  6. Biaya Make up Artist (MUA) Riasan dan Busana Rp. 5.000.000
  7. Dana Mahar atau Mas Kawin Rp. 5.00.000 (seperangkat alat sholat) dan Rp. 3.500.000 (cincin), total Rp.4.000.000
  8. Jasa Foto dan Video Wedding Rp. 3.000.000
  9. Biaya entertainment Rp. 2.000.000
  10. Dana cadangan tak terduga Rp. 2.000.000

Jika budget yang kamu punya saat ini masih kurang dari 50 juta maka kamu bisa mengurangi poin-poin yang menurutmu tidak wajib ada di acara akad atau resepsi pernikahan.

Rincian biaya nikah yang sudah diuraikan di atas bisa jadi lebih dari 50 juta atau bisa juga kurang. Hal itu bergantung dari cara kamu dan pasangan mensiasati biaya nikah kalian.

Kamu bisa banyak bertanya pada teman/saudara yang sudah menikah dengan meminta rekomendasi vendor yang bagus tapi murah untuk meminimalisir jumlah budget pernikahan.

Leave a Comment