75 Contoh Undangan Pernikahan (Desain Plus Isi Suratnya)

Salah satu hal yang sangat menguras tenaga bagi para capeng (calon pengantin) adalah urusan undangan. Demi sedikit meringankan tenaga kalian, para capeng, di postingan ini kami berikan contoh-contoh undangan pernikahan. Baik contoh desain maupun kata-kata atau kalimat isi undangan pernikahan.

3 Hal yang harus kalian camkan saat mempersiapkan undangan pernikahan:

  1. Desain undangan yang tepat
  2. Harga yang pas, sesuai budget
  3. Vendor atau jasa penyedia undangan pernikahan yang handal

Dari ketiga poin di atas, pada artikel ini kami fokus memberikan berbagai contoh desain undangan (mencakup kalimat isi surat undangan) yang menarik, plus sedikit tips (tapi vital) bagaimana cara menentukan desain undangan yang tepat.

Tips Menentukan Desain Undangan Pernikahan

Versi kami, tidak ada undangan dengan desain terbaik. Karena hal ini sangat subyektif. Alih-alih memberikan tips menentukan desain undangan terbaik, kami akan share cara memilih desain undangan yang tepat.

Ikuti 3 aturan di tips ini, maka setengah urusan undangan pernikahan kalian akan beres.

Pertama, Desain Harus Sesuai Konsep Pernikahan

Bayangkan, kalian menggelar pernikahan adat jawa. Namun undangan yang kalian bagikan desainya berwarna merah dengan style mirip undangan chinese.

Haqqul yakin, para tamu undangan akan mengernyitkan dahi sesampainya di pesta pernikahan kalian.

Aturan ini wajib kalian patuhi, undangan harus sesuai konsep pernikahan !

Kedua, Kertas dan Asesoris Harus Cocok Dengan Desain

Semenarik apapun desain undangan pernikahan kalian, akan percuma jika kertas yang kalian pakai tidak sesuai. Makanya di ulasan contoh undangan perkawinan di atas, beberapa kali kami memberikan saran jenis kertas yang sesuai.

Misal kalian menggelar pernikahan mewah dengan tempat di hotel. Umumnya tipikal desain undangannya adalah simpel dan eksklusif. Tidak banyak coretan, minim gambar-gambar. Kalau adapun biasanya sekedar gambar ilustrasi simpel.

Undangan seperti ini akan cocok dengan kertas semacam akasia, linen, aster. Desain kalian akan ambyar jika kalian menggunakan kertas art paper.

Ketiga, Harus Sesuai Budget

Kalau ini sih tidak wajib. Namun, resikonya nanti kalian tanggung sendiri jika over budget biaya pernikahan akibat undangan.

Selanjutnya, silakan cek beberapa desain undangan pernikahan rekomendasi kami berikut ini:

75 Contoh Desain Undangan Pernikahan

#1. Undangan Nikah Klasik Elegan

Undangan Pernikahan Klasik Elegan

Meski sekarang eranya amat modern, di mana mayoritas orang (terutama generasi millenial) lebih menyukai hal-hal yang bertema futuristik, toh tidak sedikit yang masih memiliki cita rasa vintage.

Nah bagi kalian yang termasuk golongan penyuka nuansa klasik, desain undangan ini sangat cocok untuk kalian.

Contoh desain undangan ini terdiri dari undangan kertas tebal 1 lembar dan 1 amplop coklat. Bila diamati lebih mendalam, desain undangan ini dengan elegan menyatukan tiga konsep dalam sebuah karya, yaitu: kegembiraan, klasik dan mewah elegan.

Bagian isi undangan berwarna putih dengan tema floral menggambarkan kegembiraan dalam keromantisan, amplop yang menggunakan kertas samson coklat memberikan nuansa klasik dan emboss emas nama pengantin di depan amplop memberi kesan mewah elegan.

#2. Undangan Pernikahan Simple Modern

Undangan Pernikahan Simpel Modern

Amat simpel !

Ya, contoh desain undangan pernikahan di atas sangat simpel. Dan yang membuatnya standout dari undangan-undangan lainnya adalah material yang digunakan. Kita semua tahu lazimnya undangan pernikahan menggunakan media kertas, tapi undangan di atas menggunakan acrylic.

Meski demikian tetap tampak menarik bukan ? bahkan kalo menurut kami, undangan di atas memberi kesan modern dan futuristik.

Memang undangan pernikan seperti ini belum populer di daerah kita, namun bagi kalian yang berjiwa simpel dan berani tampil beda, kalian bisa mencoba untuk menconteknya. Tentunya dengan beberapa modifikasi.

#3. Undangan Pernikahan Sederhana Tapi Keren

Undangan Pernikahan Sederhana Simpel Elegan

Dari undangan sebelumnya, kami yakin undangan ini tak kalah sederhana. Namun meski sederhana, undangan di atas tetap tampak keren.

Dengan warna dasar hitam dipadu dengan tulisan putih pada isi undangan plus emboss emas pada tulisan basmalah dan nama pengantin, benar-benar membuatnya tampak elegan.

1 Hal yang harus kalian perhatikan jika ingin mengadaptasi desain di atas, perhatikan pemilihan kertas !

Kalian pilih jenis kertas seperti linen, akasia atau sejenisnya. Jangan kalian pakai kertas jenis art paper, art carton, ivory, karena tidak cocok dan akan menghilangkan kesan elegannya.

#4. Contoh Blanko Undangan Pernikahan Simpel

Contoh Blanko Undangan Pernikahan Simpel

Undangan blangko adalah undangan yang bisa kalian beli dalam keadaan kosongan, belum ada tulisan atau isi surat undangan, hanya ada desainnya saja.

Dahulu, mungkin generasi pengantin 90an dan 2000an, desain undangan blangko mayoritas membosankan dan terlihat jadul. Tapi makin ke sini produsen undangan blangko mulai berbenah dan menelurkan desain-desain kekinian, salah satu contohnya adalah undangan blangko di atas.

Tengok saja desainnya, tentu amat berbeda dengan blangko-blangko undangan yang mungkin pernah kalian temui di masa kecil dulu saat tetangga kalian menikah. Paduan warna cerah tapi adem plus desain yang sederhana, undangan ini layak kamu jadikan sebagai salah satu kandidat pilihan untuk pernikahan kalian nanti.

#5. Contoh Undangan Pernikahan Elegan Adat Jawa

Contoh Undangan Pernikahan Elegan Adat Jawa

Jika kalian menggelar acara pernikahan secara adat jawa yang biasanya dipenuhi dengan nuasa wayang dan diiringi gending-gending alunan musik jawa, maka desain undangan di atas bisa kalian contoh.

Gunungan yang ada dibagian undangan dan amplop merupakan salah satu simbol khas adat jawa. Pun dengan batik yang menjadi corak utama pada desain undangan ini. So, paduan keduanya semakin menegaskan bahwa undangan ini amat cocok dengan konsep pernikahan adat jawa.

#6. Undangan Nikah Model Boarding Pass

Undangan Nikah Model Boarding Pass

Salah satu undangan unik yan cukup populer di Tanah Air adalah undangan model boarding pass. Jika kalian termasuk yang sedang merencanakan menggunakan desai boarding pass, contoh undangan pernikahan di atas bisa kalian jadikan salah satu referensi.

Dan menurut hemat kami, kertas yang cocok untuk undangan dengan desain seperti di atas adalah jenis kertas dengan permukaan licin seperti art paper, art carton atau ivory.

#7. Undangan Pernikahan Bentuk Passport

Undangan Pernikahan Bentuk Paspor

Bagi pecinta traveling luar negeri, selain undangan model boarding pass, kalian juga bisa menggunakan desain bentuk passpor untuk acara perkawinan kalian nanti.

Sama halnya dengan undangan model boarding pass, undangan bentuk passpor ini sebaiknya menggunakan kertas jenis art carton, art paper ataupun yang sejenisnya.

#8. Contoh Undangan Pernikahan Unik 1 Lembar

Contoh Undangan Pernikahan Unik 1 Lembar

Hanya 1 lembar, itulah yang membuat undangan di atas cukup unik. Pada desain undangan di atas, tersedia dua desain untuk bagian muka: desain dominan coklat dan dominan hitam. Kalian bisa pilih salah satu.

Pada bagian muka ini tercantum nama kedua pasangan, jadwal acara dan lokasi penyelenggaraan acara pernikahan. Untuk desain bagian belakang pada contoh undangan 1 lembar ini tidak ditampilkan.

Namun rekomendasi kami, bagian bisa kalian kosongkan atau bisa juga kalian beri tambahan denah lokasi acara pernikahan.

Undangan dengan desain seperti ini perlu ditambahkan kertas board agar tebal dan kokoh.

#9. Kartu Undangan Nikah Unik Tema Floral/ Bunga-Bunga

Kartu Undangan Nikah Unik model cone Tema Floral

Undangan pernikahan unik berikutnya yaitu undangan dengan bentuk cone atau kerucut. Untuk contoh kali ini, kami menampilkan tema floral.

Dengan adanya tambahan tali yang sekaligus berfungsi untuk mengikat label nama tamu yang diundang, plus kartu ucapan terimakasih menjadikan undangan ini terlihat makin cantik.

#10. Undangan Pernikahan Kreatif Tema Whatsapp

Undangan Pernikahan Kreatif Tema Whatsapp

Bukan hanya unik, contoh undangan pernikahan di atas juga menurut kami sangat kreatif. Whatsapp yang selama ini menjadi aplikasi wajib pengguna smartphone ternyata bagus juga dijadikan tema desain undangan pernikahan.

Agar terlihat lebih mewah, bagi kalian yang ingin menggunakan desai undangan model seperti ini, gunakanlah kertas art carton yang tebal dan kemudian balut dengan laminasi doff.

#11. Undangan Pernikahan 1 Warna

Undangan Pernikahan 1 Warna

Desain undangan ini bagusnya menggunakan kertas jasmin. Kertas yang tekstur permukaannya halus dan ada glitter-glitternya seperti butiran kristal.

Selain warna biru tua seperti di atas, kalian juga bisa memilih warna-warna lainnya. Asalkan warnya yang kalian pilih adalah warna-warna gelap seperti hijau tua, coklat, merah marun…dll.

Untuk mencetak objek desain di kertas ini sebaiknya memakai teknik emboss. Kalian bisa memilih antara emboss warna gold ataupun silver. Karena kedua warna emboss ini akan cocok dengan warna-warna dasar yang gelap.

#12. Kartu Undangan Blangko Murah Meriah

Kartu Undangan Perkawinan Blangko Murah Meriah

Ini adalah salah satu contoh undangan blangko yang murah meriah. Harga blangkonya saja (belum termasuk ongkos cetak) di kisaran Rp. 600.

Untuk isi surat undangan bisa kalian cetak sendiri di kertas blangko ini menggunakan printer.

Namun jika tidak mau repot, kalian bisa order sekaligus minta dicetak sekalian. Untuk harga plus cetak bervariasi, dari mulai Rp. 1000 hingga Rp. 1200 per pcs-nya, tergantung banyak sedikitnya undangan yang kalian pesan.

Undangan ini cocok untuk pernikahan sederhana yang biasanya digelar di depan rumah sendiri.

#13. Undangan Pernikahan Model Gulungan

Undangan Pernikahan Model Gulungan elegan

Contoh undangan pernikahan di atas merupakan undangan model gulung versi mahal. Sementara untuk versi murahnya seperti di bawah ini.

Undangan Pernikahan Model Gulungan murah

Meski harganya murah, undangan jenis gulungan seperti ini memberikan kesan nyeni. Kalian bisa mendapatkan undangan jenis ini di beberapa marketplace dengan harga di kisaran Rp. 3000 hingga Rp. 5000.

Kebanyakan produsen undangan seperti ini berasal dari daerah Jogjakarta.

#14. Contoh Undangan Nikah Rustic Murah Elegan

undangan nikah murah elegan rustic kertas coklat samson

Undangan pernikahan murah ini bernuansa klasik. 2 Hal yang membuat undangan ini bisa murah harganya, yaitu: material dan tinta satu warna.

Kertas board yang digunakan untuk desain undangan ini relatif murah harganya. Untuk biaya cetak menggunakan tinta satu warna, tentu lebih murah daripada full color.

Kalian bisa membuat desain undangan ini tampak lebih mewah dengan memberikan emboss emas untuk tulisan nama calon pengantin. Namun tentu saja harganya akan menjadi lebih mahal.

#15. Undangan Pernikahan Paling Murah – Undangan Digital

undangan pernikahan digital online

Betul ! undangan digital adalah solusi undangan termurah tanpa terkesan murahan. Dengan harga yang sangat murah, kalian bisa mendapatkan undangan yang memberikan kesan bahwa kalian adalah calon manten kekinian dan melek teknologi digital.

Inilah undangan pernikahan paling murah yang pernah ada. Sedikit banyaknya tamu yang kalian undang, harga undangannya tetap sama. Karena kalian tidak perlu menambah jumlah kartu undangan. Yang perlu kalian lakukan hanyalah menyebarkan undangan pernikahan digital via smartphone.

Undangan digital ini bisa berbentuk gambar, video ataupun website. Yang saya tampilkan di atas adalah contoh undangan digital versi website. Harga undangan digital berupa gambar ada dikisaran Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000. Sedangkan untuk versi video ataupun website ada di kisaran Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000.

Rekomendasi vendor undangan pernikahan digital dari kami bisa kalian klik di sini.

Selain desain undangan pernikahan, kalian juga harus menyiapkan kata-kata atau kalimat yang akan kalian tuangkan di surat undangan pernikahan.

Berikut ini beberapa contoh kalimat isi surat undangan pernikahan yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Inspirasi Desain Undangan Nikah Lainnya

Contoh Kalimat/ Kata-Kata Isi Surat Undangan Pernikahan

Contoh Surat Undangan Pernikahan Umum

Cirebon, 08 Juli 2021
Assalamu’alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh
Bismillahirrahmanirahim
  
Menyatukan dua hati dalam bingkai suci pernikahan demi menetapi sunnah Rasul SAW semoga menjadi awal keberkahan kisah cinta kami. Dengan memanjatkan syukur atas limpahan berkah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa dan Shalawat untuk Baginda Nabi SAW, kami bermaksud menyelenggarakan akad nikah pernikahan putra – putri kami :

Risty Ananda Marwa, S.Kom (Nanda)
Putri Bungsu Bapak Ir. Doni Kesuma dan Ibu dr. Eriani

dengan

Alfitra Mahmud (Fitra)
Putra Sulung Bapak Jamal Amin dan Ibu Raisya Keswara
  
Rasa bahagia tak terkira dalam lubuk hati yang terdalam atas segala Rahmat Allah SWT dan kami mohon RidhoNya untuk merayakan  pesta pernikahan putra – putri kami, yang Insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal        : Sabtu/21 Juli 2021
Waktu                  : 10.00 WIB – Selesai
Tempat                 : Masjid Jami’ Sultan Cirebon, Jl. Sidarta No. 204, Cirebon
  
Tiada kata yang bisa kami ungkapkan, selain terima kasih yang sebesar-besarnya, atas kehadiran Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari untuk menghadiri acara pernikahan ini.
 
Atas kehadiran dan doa restu Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Hormat Kami,
Nanda dan Fitra
   

Contoh Isi Surat Undangan Pernikahan Islami

Bismillahirrahmanirrahim...
Assalamu’alaykum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
 
Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim ….
Dengan memuji Nama-Mu, sungguh hati kami telah terikat dalam cinta dan bertemu dalam keta’atan kepada Mu. Kekalkanlah ikatan cinta kami, tumbuh suburkanlah kasih sayang di antara kami dan berkahilah maghligai rumah tangga kami.

Finha Kay Mahdiyah (Finha)
Putri Keempat Bapak Dr. Marwoto Achmad & Ibu Jean Chloe Fathimah

dengan

Saladin Ibrahim (Baim)
Putra kedua Bapak Hendratmo Aji Saptono & Ibu Muryati Suwiryo
 
Rasa bahagia mengalir memenuhi hati kami atas limpahan Berkah dan Rahmat Allah SWT dan di hari bahagia ini kami memohon Ridho Nya untuk menggelar acara resepsi pernikahan putra-putri kami, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada:
 
Hari : Ahad , 11 November 2021
Pukul : 10.30 WIB – selesai
Tempat : Hotel Sanjaya – Golden Ballroom
Jl.Jendral A Yani, Cirebon

Atas kehadiran dan doa restu Bapak / Ibu / Saudara / i kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaykum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.
 
Kami yang berbahagia,
 
Finha & Baim
 
"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir"
(Qs. Ar-Rum : 21)
 

Contoh Kata-Kata Isi Surat Undangan Nikah Bahasa Jawa

 Assalamu'alaykum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
 
Kanthi nyadong sihberkahing Gusti Allah SWT ingkang Maha Asih, 
Ing pangangkah kawula sagotrah badhe anglaksanakaken pawiwahan 
dhaup saha syukuran anak kulo :
 
Dian Hapsari Raharjo, SE
Putri Bapak Sudio Raharjo & Ibu Rukmini 
 
Kaliyan
 
Jatiman S Tumenggang, Msc
Putra Bapak Ridwan Tumenggang & Ibu Sulartini
 
Menggah titi wancanipun : 

Dinten : Sabtu 
Surya Kaping : 18 Juni 2022
Wanci Tabuh : 19.00 - 21.30 Wekdal iring kilen 
Manggon Wonten : Ruang Pendopo Kelurahan Sidoguna 
JI. Patimura No. 20 Pengapon Semarang 
 
Satuhu damel bombong Ian bingahing manah kulo sagotrah, 
Bilih sarana dhanganing penggalih lan sepen ing sambekala, 
Bapak/lbu/Sedherek kesdu rawuh angestreni saha paring donga pangestu 
Dhateng  sang pengantin kekalih
 
Wusana kawula sagotrah ngaturaken agunging panuwun, saha nyuwun 
paringing pangaksami bilih wonten kekirangan 
lan kalepatan kulo nuwun pangapunten
Wassalamu'alaykum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh
 
Atur taklim kulo :
Keluarga Bapak Sudio Raharjo dan Ibu Rukmini
Keluarga Bapak Ridwan Tumenggang & Ibu Sulartini
 

Contoh Surat Undangan Dalam Bahasa Inggris

 Mr. and Mrs. Andi Wibowo
 and
 Mr. and Mrs. Ahmad Syukron
 
 Request the pleasure of your coming
 at the marriage of their beloved children
 
 Rianti Dina Wibowo (Dina)
 to
 Zaki Jalaludin (Jack)
 
 Sunday, the twenty first of June
 Two thousand and twenty one
 at 10 o’clock in the morning
 
 The Romanian Hotel Lobby Center
 234 Ahmad Subarja Street
 Cirebon, West Java 

Download Contoh Isi Surat Undangan Pernikahan Lengkap

Biar kalian lebih mudah, di bawah ini kami sediakan file yang berisi contoh-contoh kalimat atau kata-kata isi surat undangan pernikahan.

Total ada 15 contoh surat undangan yang bisa kalian pilih, modif atau padu padankan. Silakan klik link di bawah ini.

Download Contoh Surat Undangan

Demikian sekelumit dari kami perihal contoh undangan pernikahan. Jika merasa bermanfaat dengan tulisan ini, kami tidak menolak untuk kalian share.

Image Credited to:

kedaigrafis.com

https://id.pinterest.com/ayudya26/

Leave a Comment