Foto Buku Nikah: Ketentuan Warna, Background, Ukuran

Buku nikah terdiri dari 4 lembar halaman, tetapi pada halaman terakhirnya disobek dan digunakan sebagai bukti tanda terima. Setiap halaman memuat beberapa informasi mulai dari identitas diri, pas foto buku nikah hingga pasal-pasal pernikahan.

Khusus untuk pas foto, Kamu tidak bisa memakai foto bebas karena sudah ada aturan yang harus dilaksanakan.

Apa saja aturan mengenai pas foto untuk buku nikah? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Ketentuan Ukuran Pas Foto Buku Nikah dan Jumlahnya

pass foto buku nikah
Source: background.id

Ukuran Foto Buku Nikah

Ketentuan ukuran foto yang harus Kamu siapkan untuk buku nikah terdiri dari:

  • Foto ukuran 2 x 3 sebanyak 8 lembar
  • Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar

Jumlah Foto Yang Perlu Dicetak dan Penggunaannya

  • Foto ukuran 2 x 3 sebanyak 4 lembar (2 lembar calon mempelai pria dan 2 lembar calon mempelai wanita) – ditempel di buku nikah
  • Foto ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar (1 lembar calon mempelai pria dan 1 lembar calon mempelai wanita) – tanda terima akta nikah
  • Foto ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar (1 lembar calon mempelai pria dan 1 lembar calon mempelai wanita) – pendaftaran nikah
  • Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar (1 lembar calon mempelai pria dan 1 lembar calon mempelai wanita) – untuk arsip catatan nikah di KUA

Background Foto Buku Nikah

Latar belakang(background) untuk pas foto tidak boleh sembarangan. Jika biasanya background foto ijazah berwarna merah, maka background foto buku nikah harus berwarna biru.

Agar pas foto Kamu terlihat bagus dan cerah, sebaiknya gunakan warna baju yang sesuai.

Contoh foto di buku nikah yang paling sering umum ditemui biasanya calon pengantin pria maupun wanita menggunakan atasan putih.

Contoh semacam ini akan memberikan kesan foto yang jelas, apalagi dengan penggunaan background warna biru.

Aturan Pakaian Untuk Foto Buku Pernikahan

Sebenarnya tidak ada aturan rinci mengenai pakaian yang dikenakan untuk pas foto di buku nikah. Tetapi, Kamu juga tidak diperbolehkan memakai baju dengan model yang beranekaragam. Beberapa ketentuan umum yang harus dipatuhi mengenai pakaian untuk pas foto adalah:

  • Warna bebas, asalkan sopan dan rapi
  • Model pakaian tidak aneh-aneh
  • Bisa menggunakan lengan pendek atau panjang
  • Boleh berjilbab maupun tidak

Tips Pilihan Warna Pakaian Untuk Foto Buku Nikah

Pas foto untuk buku nikah akan terlihat bagus jika Kamu bisa menyesuaikan warna baju yang dikenakan.

Beberapa pilihan warna berikut bisa menjadi alternatif Kamu untuk membuat foto di buku nikah enak dilihat!

Pilihan Warna Pakaian Untuk wanita

  • Mustard

Para wanita saat ini mulai menyukai warna-warna hangat seperti mustard. Ternyata, warna ini bisa menjadi pilihan Kamu untuk dipakai saat melakukan foto untuk buku nikah.

Warna mustard termasuk warna hangat yang bisa memberikan warna menonjol jika memakai latar belakang warna biru. Perpaduan keduanya akan menciptakan warna selaras dan tajam.

Jika menggunakan atasan warna mustard dan Kamu memakai jilbab, pilihlah warna jilbab hitam agar warna wajah lebih jelas. Selain itu, bisa juga dipadukan dengan jilbab warna biru dongker dan warna-warna gelap lainnya.

  • Putih

Atasan warna putih sudah seringkali digunakan untuk pas foto resmi mulai dari keperluan foto untuk buku nikah, ijazah hingga lamaran kerja. Jika Kamu memakai warna putih dan memakai background foto warna biru, maka foto Kamu dijamin lebih terang dan tajam.

Warna putih juga melambangkan sifat formal, sehingga pastikan bagian rambut atau penataan jilbab benar-benar rapi. Jika berjilbab, Kamu bisa memadukan baju warna putih dengan warna hitam, biru dongker, merah dan sebagainya.

  • Hitam

Jika bosan dengan warna putih, Kamu bisa memilih warna baju netral lainnya, misalnya hitam. Warna hitam akan tampak tajam jika dipadukan dengan warna biru sebagai background foto.

  • Abu-abu

Tidak ada salahnya jika Kamu memilih atasan warna abu-abu. Warna yang cukup netral jika dipadukan dengan background biru atau merah. Ketika Kamu mengenakan warna ini, sudah dipastikan hasil foto akan terlihat jelas dan tajam.

  • Baby blue

Bagi Kamu yang tidak suka dengan warna gelap, Kamu bisa mencoba mengenakan blouse warna baby blue. Warna ini sangat cocok untuk Kamu yang memiliki warna kulit putih atau kuning langsat.

Untuk keperluan foto buku nikah yang memiliki background biru, Kamu bisa memadukan baju baby blue dengan atasan jilbab warna putih atau biru dongker.

  • Soft pink

Seorang wanita mencerminkan citra yang lembut dan kalem. Untuk menunjang pas fotomu lebih bagus, cobalah untuk memakai atasan berwarna soft pink. Warna ini tergolong warna pastel yang akan terlihat terang jika dipadukan dengan warna biru.

Bagi yang berjilbab, Kamu bisa memilih hijab warna nude, abu-abu atau pink. Background warna biru juga menambah kesan cantik dan bijaksana dari seorang wanita.

  • Nude

Warna-warna pastel memang menggoda hati karena tidak terlalu menonjol. Warna pastel seperti rangkaian warna nude bisa Kamu kenakan sebagai atasan saat pengambilan foto.

Warna nude juga cocok digunakan oleh semua warna kulit, baik yang gelap, sawo matang dan putih. Apalagi untuk para wanita di Indonesia yang sebagian besar memiliki kulit sawo matang.

Padukan atasan warna nude dengan jilbab putih, hitam, coklat, hingga abu-abu. Setelah itu, ketika latar belakang foto menggunakan warna biru, sudah dipastikan hasil foto akan terlihat bagus.

Pilihan Warna Pakaian Untuk Pria

  • Putih

Sama halnya dengan baju warna putih yang cocok untuk pas foto calon pengantin perempuan, calon pengantin pria pun bisa menggunakan kemeja panjang atau pendek berwarna putih.

Agar foto terlihat lebih rapi, pastikan Kamu menyisir dan menata rambut serapi mungkin. Boleh juga menggunakan dasi hitam sebagai aksesoris tambahan.

  • Hitam

Para laki-laki lebih banyak memilih menggunakan atasan warna hitam sebagai pakaian untuk pas foto. Jika warna hitam dipadukan dengan biru, maka tampilan foto akan terlihat lebih jelas dan tajam.

Namun, bagi Kamu yang memiliki kulit hitam, sebaiknya jangan mengenakan warna ini karena hasil foto akan tampak jelek dan gelap. Pakaian warna hitam lebih cocok untuk warna kulit terang atau kuning langsat.

  • Abu-abu

Warna netral yang bisa digunakan oleh calon pengantin laki-laki untuk pas foto adalah abu-abu. Warna ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Jika Kamu memiliki kulit gelap, bisa memakai abu-abu muda.

Sedangkan bagi Kamu yang berkulit terang atau sawo matang bisa menggunakan atasan abu-abu gelap atau muda.

Jika ingin formal, kenakan jenis kemeja panjang, sedang untuk kesan santai kenakan kemeja lengan pendek.

Artikel terkait yang wajib kamu baca: Semua Hal Tentang Buku Nikah

Semua aturan mengenai pas foto buku nikah sudah diatur oleh Kemenag dan dicantumkan dalam lampiran keputusan Direktur Bimbingan Masyarakat Islam 2018 pada model N2.

Dan uraian di atas merujuk pada aturan tersebut dengan penambahan beberapa rekomendasi pilihan warna.

Sudahkah Kamu memahami semua aturan mengenai pas foto untuk buku nikah? Jika belum, silakan baca ulang artikel ini.

Leave a Comment