10+ Mimpi Nikah (Populer) Plus Tafsirnya

Banyak yang beranggapan mimpi hanyalah bunga tidur yang kadang tidak perlu dipikirkan. Namun terkadang ada beberapa mimpi yang membuat kita menjadi penasaran dengan arti di balik mimpi tersebut. Salah satunya adalah mimpi nikah.

Mimpi apapun biasanya memiliki makna tersendiri termasuk mimpi menikah. Arti mimpi nikah ini bermacam-macam, tergantung dari jenis atau cerita mimpinya.

Tetapi pada umumnya arti mimpi menikah adalah sebagai tanda bahwa kita sedang berada pada masa transisi perkembangan penting dalam kehidupan. Perkembangan dalam hal sikap kita terhadap sesuatu yang terkait dengan komitmen dan harmoni dengan orang-orang yang bersinggungan dengan diri kita.

arti mimpi nikah

Itu adalah arti secara umum, sementara untuk kasus-kasus mimpi nikah secara khusus bisa kalian lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Makna Mimpi Suami Nikah Lagi

Apabila kamu mimpi suami menikah lagi dengan wanita lain, maka hal itu akan membuat hati kamu berdegup kencang. Mimpi ini juga terasa seperti mimpi buruk bagi kamu.

Jarang wanita yang rela jika suaminya menikah lagi, walaupun hanya dalam mimpi saja.

Mimpi ini juga akan membuat kamu khawatir dan tidak tenang. Tapi tenang, mimpi ini tidak seburuk yang kamu bayangkan. Arti dari mimpi suami yang menikah lagi justru bermakna positif. Artinya keluarga kamu akan memperoleh rezeki besar yang tak disangka-sangka.

2. Mimpi Pesta Pernikahan

Memimpikan sebuah pesta pernikahan artinya bisa apa saja. Misalnya mimpi datang ke suatu pesta pernikahan orang lain. Jika kamu belum punya pasangan, mungkin mimpi ini akan membuat kamu resah. Namun sebenarnya mimpi datang ke suatu pesta pernikahan bermakna baik.

Mimpi ini mengindikasikan kamu dengan keluarga akan diberi keberuntungan dalam hidup yang berhubungan dengan suatu pekerjaan.

Pertanda lainnya dari mimpi ini adalah kesuksesan yang akan kamu raih di dunia pekerjaan, yang sekarang sedang kamu jalankan.

Bermimpi berjalan di pesta pernikahan orang lain juga bermakna positif. Artinya karir kamu akan menjadi semakin cemerlang dan hidupmu dilimpahi kemakmuran.

3. Arti Mimpi Mempersiapkan Pernikahan

Banyak arti dari mimpi mempersiapkan pernikahan, karena persiapan pernikahan tersebut bisa dilakukan dengan siapa saja. Bisa mimpi mempersiapkan pernikahan dengan orang yang sudah kamu kenal (misal: teman kerja, mantan atau pacar saat ini), bisa juga mimpi dengan orang yang belum kamu kenal.

Jika mimpimu bersama dengan orang yang kamu kenal, di mana orang yang kamu kenal itu sedang berusaha serius dengan dirimu, sementara kamu sendiri ada rasa terhadap dia, maka ini bisa jadi sinyal dari Allah bahwa mungkin dia adalah jodohmu.

Sementara bila kamu bermimpi tentang persiapan pernikahan tapi kamu juga belum tahu sedang mempersiapkan pernikahan dengan siapa atau dengan seseorang yang belum kamu kenal, maka makna dari mimpi ini bisa diartikan dengan kebaikan atau keberkahan yang akan datang menghampirimu.

Kebaikan dalam hal apapun semisal karirmu akan meningkat, jualanmu akan sukses, salah satu impianmu akan tercapai atau hal-hal tentang kebaikan hidup lain yang dalam waktu dekat akan segera kamu dapatkan.

4. Mimpi Menghadiri/ Datang Ke Pernikahan

Mimpi datang ke sebuah pesta pernikahan dan melihat orang lain menikah, maknanya juga cukup luas.

Arti dari mimpi ini yaitu pertanda baik dalam kehidupan kamu. Misalnya kamu memiliki sejumlah masalah di kehidupan nyata dan belum ada jalan keluarnya.

Maka dengan bermimpi datang ke pesta pernikahan orang lain dan melihat seseorang menikah, artinya masalah yang sedang kamu hadapi saat ini akan ada penyelesaiannya.

Makna lainnya dari mimpi ini yaitu kamu akan mengalami perubahan yang lebih baik dalam hidup kamu.

Mimpi menghadiri pernikahan ini juga berhubungan dengan keberuntungan kamu di dunia nyata. Maka bersyukurlah jika kamu bermimpi hadir/datang ke sebuah pesta pernikahan.

5. Tafsir Mimpi Akad Nikah

Dalam tafsir mimpi dari akad nikah juga memiliki makna yang cukup beragam. Arti dari mimpi ini kurang baik, yang pertama akan ada kesulitan yang kamu hadapi di masa depan.

Kesulitan ini bisa berupa apa saja misalnya perpindahan karir, hubungan pertemanan atau hubungan kekasih yang memburuk, dan sebagainya. Arti yang kedua adalah ada beberapa masalah yang belum kamu tuntaskan di masa lalu, kemudian muncul kembali dan tak diharapkan.

Masalah di masa lalu ini juga akan mengganggu kehidupan kamu di masa kini. Bahkan, masalah yang belum terselesaikan itu memerlukan perhatian lebih dan akan meledak.

6. Mimpi Diajak Nikah

Diajak menikah oleh orang yang disayang tentu menjadi hal yang kamu impikan. Tapi bagaimana jika itu hanya mimpi?

Jika kamu bermimpi diajak menikah tapi oleh orang yang tidak kamu kenal, maka kamu harus berhati-hati serta lebih menjaga kesehatan karena kamu akan mengalami sakit di kehidupan nyata.

Untuk arti mimpi dari diajak menikah dan kamu menolaknya, juga menjadi pertanda bahwa kamu akan dijauhkan dari segala jenis penyakit yang mungkin muncul. Jadi jika kamu mimpi diajak menikah dalam bentuk apa saja, sebaiknya kamu segera menjaga kesehatan.

Sedangkan jika kamu bermimpi diajak menikah oleh orang yang kamu kenal maka artinya adalah akan muncul seseorang di kehidupan kamu, dan kemudian akan membuat kamu kecewa atau dia akan menyakiti hati kamu. Arti lainnya yaitu kamu akan mengalami suatu masalah dengan pasangan dalam hubungan kalian.

Makna mimpi diajak menikah oleh orang yang memang kamu sukai, artinya adalah akan datang kesedihan dalam hidup kamu. Arti mimpi ini juga buruk misalnya menurunnya kehidupan bisnis/karir kamu karena adanya suatu pertikaian.

7. Takwil Mimpi Batal Nikah

Ada banyak makna dari mimpi batal menikah, tapi kamu tak perlu khawatir karena tak semua maknanya mengandung keburukan.

Menurut ilmu Psikologi, arti mimpi batal menikah adalah kamu merasa tidak percaya diri dengan suatu pernikahan.

Tidak percaya diri ini disebabkan oleh kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul saat akan menikah. Sedangkan tafsir lainny bisa berarti akan ada hal yang tak baik dalam urusan berbisnis. Misalnya akan mengalami kerugian dalam bisnis, kematian atau keburukan lainnya.

Makna lainnya dari mimpi batal menikah ini juga adalah kamu kurang memerhatikan diri sendiri dan tanyakan juga apakah kamu sudah dewasa atau belum. Jika hal itu benar-benar terjadi maka cobalah untuk mulai bersikap lebih dewasa di dunia nyata.

Masih menurut psikolog, mimpi batal menikah adalah adanya kehendak tidak sadar atau rasa takut berlebihan dalam suatu hubungan. Perubahan yang terjadi bisa diindikasikan dengan berbagai macam, yaitu ketidakrelaan akan sesuatu, adanya trauma di masa lalu, atau trauma dengan pasangannya.

8. Tafsir Mimpi Dipaksa Nikah

Jika kamu bermimpi dipaksa menikah oleh orang lain atau siapapun, maka maknanya yaitu adanya ketidakpuasan dalam suatu hubungan. Jika mimpinya dipaksa menikah oleh orang tua maka artinya adalah kamu akan mengalami musibah yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

Mimpi ini memang menjadi pertanda buruk tapi bisa dalam hal apa saja. Makna dari dipaksa menikah pada wanita yang masih single adalah kondisi usaha atau kehidupannya sedang mengalami masalah.

Sedangkan arti mimpi dipaksa menikah ketika kamu sudah menikah adalah kamu sudah harus mulai mengatur apa saja yang menjadi keinginanmu dalam hidup. Bisa juga karena ada beberapa kebiasaan dalam hidup kamu yang harus diubah.

Misalnya jika kamu merupakan orang yang pemalas sebelumnya, maka kamu harus mulai bangkit dan berhati-hati. Jangan menjadi orang yang malas agar kamu bisa menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

9. Arti Mimpi Nikah Muda

Mimpi nikah muda adalah mimpi menikah di usia muda. Artinya juga cukup beragam, dan terkadang maknanya tidak berhubungan langsung dengan suatu hubungan. Arti dari mimpi menikah di usia muda menandakan adanya suatu komitmen.

Komitmen ini tak harus berhubungan dengan pernikahan itu sendiri, tetapi bisa dalam hal apa saja. Hal itu bisa berhubungan dengan komitmen yang akan kamu bangun di dunia nyata. Misalnya komitmen atas pekerjaan yang akan kamu lakukan, dengan tanggung jawab yang besar.

Makna lainnya yaitu kurangnya peran aktif yang seharusnya kamu lakukan di dunia nyata. Lebih seringnya makna mimpi ini adalah adanya masalah yang tidak berhubungan dengan kita, tetapi membuat kamu khawatir akan masalah tersebut.

Misalnya masalah yang berhubungan dengan orang-orang terdekat seperti teman, sahabat, pasangan atau keluarga.

10. Arti Mimpi Nikah Lagi Dengan Orang Lain

Ada beberapa makna yang meliputi mimpi menikah lagi dengan orang lain (sedangkan kamu saat ini sudah ber-istri atau ber-suami), yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

Keragu-raguan dalam Berumah Tangga

Apabila kamu sudah menikah di dunia nyata tetapi mimpi menikah lagi dengan orang lain, maka artinya ada hal-hal yang mengganggu dalam kehidupan rumah tanggamu. Misalnya orang yang bermimpi ini meragukan sesuatu dalam rumah tangga.

Galau Menentukan Pilihan

Makna lainnya yaitu mungkin saja kamu sedang kebingungan dalam menentukan sebuah pilihan. Apalagi jika kamu tidak tahu bagaimana cara memutuskan sesuatu yang tepat. Pikiran kamu akan memiliki pertimbangan yang berhubungan dengan kehidupan di masa lalu.

Adanya Keinginan yang Belum Tercapai

Manusia sering merasa ada sesuatu yang kurang dalam hidupnya. Hal itu bisa berkaitan dengan materi atau sesuatu yang berhubungan dengan fisik. Hal itu terbawa sampai ke mimpi yang kamu alami.

Dari sekian banyak arti mimpi nikah yang telah diuraikan di atas, hal itu akan menjadi pertanda di hidup kamu atau bisa menjadi petunjuk mengenai apa yang harus kamu lakukan di masa mendatang.

Kesepuluh tafsir mimpi nikah di atas tidak berlandaskan dengan Al-Qur’an ataupun Hadits Rasulullah SAW. Hanya tafsir dari kebiasaan masyarakat pada umumnya.

Jadi ya, just info saja. Tidak perlu bikin kamu gelisah (jika tafsirnya jelek). Serahkan semuanya kepada Allah SWT, kerjakan apa yang diperintah-Nya dan tinggalkan apa yang dilarang. Insya Allah hidup kita selamat dunia akhirat.

Sebagai bonus +, di bawah ini penjelasan detail tentang arti mimpi yang valid dan tidak terbantahkan. Karena yang menerangkan adalah manusia yang sudah dijamin kebenarannya yaitu baginda Rasulullah SAW.

Jenis Mimpi, Tafsir dan Cara Menyikapinya Berdasar Hadits Rasulullah SAW

Dari riwayat Auf bin Malik melalui Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah, ada tiga jenis mimpi yang dibagi oleh Rasulullah SAW :

Mimpi yang pertama adalah mimpi buruk atau mimpi yang menakutkan. Mimpi ini berasal dari syaitan dan bisa membuat orang yang mengalaminya merasa sedih.

Mimpi yang kedua adalah mimpi yang membuat gelisah, misalnya ketika ia terbangun maka ia akan gelisah dan mimpi yang dialaminya terus terbawa.

Mimpi yang ketiga adalah mimpi yang memberi isyarat tentang kenabian (ini khusus para Nabi Allah).

Ada tiga jenis mimpi menurut Abu Hurairah RA yaitu mimpi dari bisikan hati, mimpi yang ditakuti oleh setan serta mimpi yang berupa kabar bahagia dari Allah SWT.

(HR. Bukhari)

Apabila kamu mengalami mimpi yang masuk ke kategori yang pertama maka kamu tak perlu menafsirkannya.

Bersabda Rasulullah SAW, jika syaitan mempermainkan kamu dalam tidur maka jangan diceritakan lagi pada orang lain.

(HR. Muslim)

Mimpi buruk yang selalu diingat bisa menjadi sebuah tanda dari hal-hal buruk. Maka jangan ceritakan mimpi itu pada siapapun.

Sedangkan mimpi yang baik dan mengandung cerita bahagia boleh diceritakan kepada orang lain. Hal itu juga bersumber dari dalil Rasulullah SAW yaitu,

“Siapa yang beriman kepada Allah dan beriman pada hari akhir. Maka berkatalah yang baik-baik saja atau lebih baik diam.”

(HR Bukhari dan Muslim).

Jadi hanya mimpi baik atau mimpi bahagia saja yang boleh diceritakan, misalnya mimpi nikah sama calon pasangan idaman kita. Sementara untuk mimpi buruk, yang kita lakukan adalah memohon perlindungan dari Allah SWT dan tidak usah menceritakannya ke orang lain.

Leave a Comment