Persyaratan Nikah dan 7 Step Proses Pendaftaran KUA

Mempersiapkan persyaratan nikah, ini salah satu hal super duper penting yang kadang dilalaikan oleh para calon mempelai. Dan baru sadar serta tergesa-gesa menyiapkannya tatkala mendekati hari H pernikahan.

Kita semua paham jika menjelang acara pernikahan, kita begitu sibuk dengan banyaknya hal yang harus harus diurus. Kesibukan ini yang terkadang membuat lalai para calon manten untuk menyiapkan hal-hal krusial, di antaranya dokumen-dokumen persyaratan nikah KUA.

Agar memudahkan kalian, pasangan dan anak-anak kalian dalam menghadapi aneka kebutuhan administrasi kependudukanakan kelak, amat disarankan untuk menghindari nikah siri.

Nikahlah secara resmi melalui KUA. Karena dengan menikah melalui KUA, bukan hanya sah secara agama, tapi juga pernikahan kalian sah secara legal di mata negara.

Legalitas pernikahan yang kamu dapat dari negara berupa buku nikah ataupun kartu nikah yang diterbitkan KUA, akan memudahkan kepengurusan berbagai kebutuhan adminstrasi kependudukan buat kalian dan anak-anak kalian nantinya.

Nah, untuk mendaftarkan pernikahan kalian di KUA dibutuhkan beberapa dokumen persyaratan nikah yang harus kalian penuhi sesuai dengan ketentuan-ketentuan yan ada. Dan di artikel ini akan kami jelaskan apa saja syarat-syarat nikah di KUA dan bagaimana alur proses mengurusnya.

Persyaratan Nikah KUA

persyaratan nikah KUA

Bagi kalian calon manten, sebelum datang ke KUA terdekat untuk mendaftarkan pernikahan kalian, perlu mempersiapkan dokumen-dokumen berikut sebagai persyaratan nikah:

  • Persyaratan Nikah #1 Surat pengantar keterangan untuk nikah dari kelurahan (model N1)
  • Persyaratan Nikah #2 Surat keterangan asal-usul – model N2
  • Persyaratan Nikah #3 Surat persetujuan calon mempelai – model N3
  • Persyaratan Nikah #4 Surat keterangan tentang orang tua – model N4
  • Persyaratan Nikah #5 Surat izin Ortu (jika umur calon manten kurang dari 21 tahun) – model N5
  • Persyaratan Nikah #6 Surat keterangan Kematian Istri/ Suami (khusus janda/ duda karena ditinggal mati) – model N6
  • Persyaratan Nikah #7 Surat kehendak nikah (Jika calon pengantin berhalangan hadir dan diwakili oleh wali atau wakilnya) – model N7.
  • Persyaratan Nikah #8 Surat rekomendasi nikah dari KUA sesuai KTP asal (bila akad nikah di luar wilayah kecamatan KTP asal)
  • Persyaratan Nikah #9 Bukti imunisasi TT1 dan TT2 dari Puskesmas (khusus mempelai wanita)
  • Syarat Nikah #10 Kartu imunisasi dari Puskesmas (khusus mempelai wanita)
  • Syarat Nikah #11 Surat izin atau dispensasi dari pengadilan agama apabila memiliki salah satu kriteria berikut: Calon pria di bawah 19 tahun, Calon wanita di bawah 16 tahun, Suami yang hendak poligami, Calon wanita tidak mendapatkan izin wali
  • Syarat Nikah #12 Surat dispensasi dari kecamatan bila kurang dari 10 hari
  • Syarat Nikah #13 Surat izin dari komandan/ atasan bagi anggota TNI/POLRI
  • Syarat Nikah #14 Surat izin dari Kedubes untuk warga negara asing (WNA)
  • Syarat Nikah #15 Pas foto background biru ukuran 2 x 3 (5 lembar)
  • Syarat Nikah #16 Pas foto background biru ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  • Syarat Nikah #17 Copy KTP
  • Syarat Nikah #18 Copy Kartu Keluarga (KK) C1
  • Syarat Nikah #19 Copy Akte Kelahiran
  • Syarat Nikah #20 Bayar biaya administrasi pencatatan nikah dengan nominal Rp30.000

7 Step Pengurusan Dokumen Persyaratan dan Pendaftaran Nikah di KUA

dokumen persyaratan nikah

Setelah melihat daftar dokumen syarat-syarat nikah resmi melalui KUA di atas, tentu timbul pertanyaan dalam benak kalian, “Bagaimana sih cara mendapatkan surat-surat atau dokumen untuk keperluan nikah tersebut ?”

Nah, berikut ini kami jabarkan bagaimana alur proses pengurusan dokumen persyaratan nikah. Bukan hanya itu, juga kami tunjukkan proses mendaftarkan pernikahan kalian di KUA.

Pertama, Mengurus pengantar dari RT/ RW. calon pengantin mendatangi RT/ RW sesuai domisili KTP. Tujuannya untuk minta surat pengantar nikah dari RT/ RW untuk dibawa ke kantor kelurahan.

Kedua, Mengurus surat pengantar/ keterangan/ rekomandasi dari Kelurahan. Di kantor kelurahan calon manten mengurus surat pengantar/ keterangan/ Rekomendasi model N1, N2, N3 dan N4.

Ketiga, Mendatangi KUA. Dengan membawa surat model N1-N4 dari keluarahan, calon mempelai mendatangi KUA tempat di mana akan dilangsungkan akad nikah. Bila akad nikah digelar di kecamatan setempat maka datangilah KUA kecamatan setempat. Namun bila akad nikah di kecamatan lain, maka datangilah KUA kecamatan lain tersebut. Sebagai tambahan, jika akad nikah akan digelar kurang dari 10 hari mendatang, maka perlu pergi ke kantor kecamatan untuk minta surat dispensasi camat.

Keempat, Pendaftaran nikah di KUA (tempat akad nikah). Sesampai di KUA, kalian daftar akad nikah. Ingat ya, KUA harus sesuai tempat akad nikah. Misal KTP kamu domisili kecamatan Rawasari, sementara akad nikah digelar di kecamatan calon istri Majasari, maka pendaftaran nikahnya bukan di KUA Rawasari, tetapi di KUA Majasari (kecamatan di mana akad nikah kamu digelar). Biaya administras pendaftaran nikah KUA sebesar Rp.30.000,-

Kelima, Akad nikah di kantor KUA atau di luar. Jika kalian melangsungkan akad nikah di kantor KUA biayanya gratis, sementara jika di tempat lain (misal: di rumah, gedung, lapangan) maka kalian harus bayar Rp.600.000,-.

Keenam, Pemeriksaan data wali dan calon manten di KUA. Semua dokumen persyaratan nikah dan lampirannya diperiksa di kantor KUA. Termasuk juga data-data wali nikah.

Ketujuh, Pelaksanaan akad nikah dan pemberian buku nikah. Selanjutnya melangsungkan akad nikah sesuai dengan tempat dan waktu yang telah kalian daftarkan di KUA. Selesai akad nikah, buku nikah akan diberikan oleh petugas KUA seketika itu juga.

Wajib Kamu Cek: Daftar Artikel Administrasi Nikah

Beginilah alur tata cara pengurusan dokumen persyaratan nikah, pendaftaran hingga pelaksanaan akad nikah secara resmi melalui KUA. Sebagai info tambahan, kantor KUA jam operasionalnya adalah hari Senin – Jum’at dari mulai jam 07.30 hingga jam 16.00. Jadi jika kalian menginginkan akad nikah dilangsungkan di kantor KUA, kalian harus mengikuti jam operasional KUA tersebut.

Leave a Comment