13 Isi Seserahan Pernikahan, Filosofi dan Kisaran Harganya

Seserahan pernikahan adalah sebuah prosesi yang selalu ada jelang acara pernikahan dalam adat Jawa, yang dilakukan oleh calon mempelai pria kepada mempelai wanita.

Prosesi ini bukan hanya sekedar mekanisme untuk mempererat tali silahturahim antara keluarga kamu dengan keluarga calon wanita

Namun juga memiliki nilai filosofis, yakni kelak mempelai pria bertanggung jawab kepada calon istrinya di kehidupan pasca pernikahan untuk membentuk keluarga yang sakinah mawadah dan wa rahmah.

Tidak ada standar khusus untuk menentukan seberapa mewah seserahan. Karena umumnya prosesi ini disesuaikan dengan kemampuan mempelai pria atau sudah disepakati bersama sebelumnya.

Hukum Seserahan Nikah Dalam Islam

Dalam ajaran agama Islam, menikah adalah salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan, namun hukumnya tidak wajib dan termasuk dalam bentuk ibadah karena bisa mencegah zina .

Keberadaan mempelai, wali, ijab, dan mahar adalah hal yang wajib ada agar sebuah pernikahan resmi menyandang status sah dalam kacamata agama Islam.

Mahar adalah suatu yang beda dari seserahan. Karena mahar lebih sakral agar sah statusnya di mata agama. Sedangkan seserahan hanya merupakan prosesi simbolik. Lebih detail hukum terkait seserahan pernikahan bisa kamu cek di sini.

Sebagaimana hadist sahih dari Bukhari dan Muslim yang mengisahkan ada seorang sahabat Rasulullah SAW yang sangat miskin dan akan menikah dengan perempuan salihah.

Rasul SAW kemudian bersabda “Berilah Mahar pada calon mempelai wanitamu, meskipun hanya bisa berupa cincin besi”. Namun, sahabat Rasul tersebut juga tidak mampu memberikan cincin besi.

Kemudian Rasulullah SAW menjawab sahabat tersebut dengan memerintahkan menggunakan surat Al-Quran yang dihafalnya untuk membayar mahar.

Allah SWT berfirman dalam Surat Ar-Ra’d ayat 38:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً ۚ وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ لِكُلِّ أَجَلٍ كِتَابٌ

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu).”

Jadi, seserahan pernikahan dalam Islam tidak wajib, namun dianjurkan jika mempelai pria mampu. Sementara mahar adalah sesuatu yang wajib ada dalam hukum agama Islam.

seserahan pernikahan
Source: Pinterest.com

Secara umum isi sebuah seserahan pernikahan adalah barang kebutuhan sehari-hari mempelai wanita, mulai dari pakaian hingga make up atau skin care.

Setiap isi juga bukan sebagai ajang pamer kemampuan materiil si calon mempelai pria,

sebelum menempuh hidup baru bersama calon istri

Namun, setiap isi memiliki nilai filosofis yang tertanam di dalamnya, sehingga menyiratkan kesungguhan dan komitmen untuk bertanggung jawab seorang mempelai pria kepada mempelai wanita.

Berikut 13 macam isi seserahan nikah sekaligus filosofi dan manfaatnya:

1. Satu Set Perlengkapan/ Alat Sholat

seperangkat alat sholat - seserahan nikah

Bagi calon mempelai yang beragama Islam, isi seserahan pernikahan berupa alat ibadah (sholat) hampir wajib ada dan tidak boleh dilupakan. Selain mukena, isi hantaran sebagai alat ibadah secara lengkap:

  1. Mushaf Al-Qur’an
  2. Mukenah
  3. Sajadah
  4. Tasbih
  5. Jilbab daleman

Makna filosofis dari isi hantaran ini adalah harapan nanti mempelai pria sanggup menjadi imam yang baik bagi calon mempelai wanita, dan menjalani kehidupan rumah tangga sesuai dengan aturan syariat Islam.

2. Perhiasan

perhiasan - seserahan pernikahan

Prosesi seserahan yang wajib ada adalah perhiasan, tapi untuk jumlah dan jenisnya disesuaikan dengan kemampuanmu, ya.

Makna perhiasan juga sebagai simbol jika kamu dan calon istri sudah terikat bila prosesi seserahan dilakukan berbarengan dengan lamaran. Perhiasan ini lazimnya adalah cincin, tapi ada jenis lain seperti:

  • Gelang
  • Kalung
  • Liontin

Nah, makna filosofis yang terkandung dari isi seserahan berupa perhiasan di sini agar si mempelai wanita selalu bersinar dan bercahaya dalam kehidupan. Menjadi qurratu a’yun bagi sang suami.

3. Pakaian Wanita

baju pakaian wanita - hantaran pernikahan

Dalam adat Jawa, pakaian wanita biasanya berupa kebaya dan kain jarik dengan motif batik, tapi ada juga yang memasukan underwear atau pakaian dalam wanita sebagai isi seserahan.

Jenis pakaian lainnya adalah:

  • Baju pesta/ resepsi
  • Gaun
  • Hijab

Makna filosofisnya adalah jika pada saat menjalani kehidupan berumah tangga, kedua mempelai ini mampu menjaga rahasia rumah tangga mereka dengan rapat dari campur tangan pihak luar.

4. Make Up

make up - seserahan pernikahan

Kebutuhan selanjutnya bagi kaum mempelai wanita yang harus kamu sediakan dalam isi seserahan perkawinan adalah Make Up, yang memang agak mahal harganya namun lazimnya selalu ada dalam seserahan.

Sebelum acara seserahan kamu juga bisa kok (bahkan wajib) tanya dulu ke mempelai wanita, make up apa yang cocok, agar make up yang digunakan untuk prosesi seserahan sesuai dengan yang biasa digunakan calon mempelai kamu.

Jadi meski mahal, untuk make-up ini tidak apa-apa. Karena kalau tidak cocok bisa bikin kulit iritasi atau alergi.

Jenis make up antara lain seperti:

  • Celak/ Pensil alis
  • Lipstik
  • Bedak

Agar mempelai wanita selalu tampil cantik dan menjaga penampilan di hadapan suami, adalah nilai filosofis dari dimasukkannya make up sebagai isi seserahan.

Selain dari segi filosofis, beberapa sabda dari Rasulullah juga ada yang menyebutkan jika istri berpahala jika berdandan dengan niat menyenangkan suami ketika menatapnya.

5. Toiletries/ Peralatan Mandi

perlengkapan mandi - paket seserahan

Jenis yang kelima adalah toiletries atau alat-alat mandi yang biasa digunakan oleh calon mempelai kamu sehari-hari. Sama seperti make up, agar pembelian produk tepat, kamu bisa menanyakan dulu ke calon istri apa saya toiletries yang biasas dia pakai.

Macam-macam toiletries biasanya adalah:

  • Shampo
  • Sabun Mandi
  • Conditioner
  • Pasta Gigi

Makna filosofis dari hadirnya toiletries dalam prosesi seserahan adalah agar calon istri kamu selalu tampil bersih setiap saat.

6. Skincare

skincare - paket seserahan nikah

Skincare adalah salah satu kebutuhan calon istri kamu, sehingga sebaiknya juga harus ada dalam paket seserahan. Memilih skincare konsepnya sama dengan memilih make-up. Harus yang cocok dikulit si calon.

Jenis skincare, contohnya seperti ini:

  • Facial Wash
  • Masker
  • Scrub

Makna filosofis dari adanya skincare dalam paket seserahan adalah agar mempelai wanita mampu menjaga kesehatan dan kesegaran kulitnya. Agar awet terjaga kecantikan sang calon istri.

7. Tas Wanita

tas wanita - seserahan nikah

Tas juga merupakan barang yang sangat lazim ditemui dalam sebuah prosesi seserahan. Jenis tas yang dimasukan sebagai isi seserahan bisa berupa tas kerja, tas untuk pesta, atau bahkan tas untuk fashion.

Nilai filosofisnya adalah sebagai bentuk tanggung jawab kamu terhadap calon istri, agar nantinya saat menjalani rumah tangga kamu dapat memenuhi kebutuhan istrimu.

8. Alas Kaki Perempuan

sepatu sandal untuk seserahan pernikahan

Aksesoris perempuan dalam isi seserahan juga harus ada sampai ujung kaki. Kamu bisa pilih salah satu atau membeli semuanya untuk calon istri, seperti:

  • Sandal
  • Heel
  • Wedges
  • Selop

Landasan filosofis untuk isi seserahan ini agar kamu dan calon mempelaimu tetap menghadapi permasalahan rumah tangga bersama-sama, seperti sepasang alas kaki kanan dan kiri.

9. Jam Tangan

jam tangan untuk seserahan pernikahan

Keberadaan jam tangan dalam paket seserahan mungkin sangat jarang, namun bukan berarti tidak ada dan nihil makna filosofi.

Filosofi jam tangan dalam prosesi seserahan erat kaitannya dengan waktu, agar kamu dan mempelai wanita terus bersama dan tidak terbatas waktu.

10. Parfum – Penjaga Aroma

parfume wanita - paket hantaran

Wewangian atau parfum juga jadi barang yang lazim sebagai isian dari prosesi pernikahan, meskipun termasuk jarang ditemui dalam seserahan. Kamu bisa menggunakan parfum favorit calon istri.

Makna filosofis dari parfum adalah agar calon istri atau mempelai wanita mampu selalu tampil dengan aroma wangi saat bersama kamu nanti.

Percayalah ! secantik apapun wanita jika aromanya ga sedap, dijamin bikin pria mati rasa, ilfil, enggan mendekatinya.

11. Buah-buahan

buah buahan hantaran pernikahan

Buah memang bukan kebutuhan dari calon mempelai wanita, namun memiliki nilai filosofis yang sangat bermakna bagi banyak orang.

Semua buah sejatinya bisa digunakan untuk seserahan. Namun, buah-buahan yang sering dibawa dalam seserahan adalah buah-buahan yang rasanya manis (bukan jenis buah yang cenderung masam).

Makna filosofis buah-buahan dalam acara seserahan menandakan agar kedua mempelai diberikan kebugaran, kesehatan.

Dan kenapa umumnya buah yang manis, filosofinya adalah agar kedua pengantin baru mengecap manisnya berumah tangga.

12. Kue Basah Jajanan Pasar Tradisional

kue basah jajanan tradisional hantaran perkawinan

Dalam Adat Jawa prosesi seserahan juga wajib memasukan beberapa makanan atau jajanan tradisional yang terbuat dari beras atau ketan sebagai isi seserahan, yang biasanya memiliki tekstur lengket, contohnya:

Apa makna filosofis pemilihan kue hantaran nikah yang bertekstur lengket ?

Makanan tradisional yang lengket memiliki simbol agar kamu dan calon istri tetap lengket, bersatu hingga akhir hayat dan hubungan silahturahmi antar keluarga berjalan dengan erat.

13. Suruh Ayu (Seserahan Nikah Khas Jawa)

suruh ayu - seserahan hantaran nikah adat jawa

Keberadaan daun sirih ini biasanya digunakan untuk membungkus makanan dalam isi seserahan. Meskipun begitu, suruh ayu memiliki nilai filosofis yang sangat dalam.

Nilai filosofisnya adalah sebagai doa bagi kamu dan calon istri agar selalu dalam keselamatan dan kebahagiaan sepanjang waktu.

Baca Juga:

Rekomendasi 49 Souvenir Pernikahan Dari Yang Murah Hingga Mewah (Plus Harga)

Daftar 11 Kue Hantaran Pernikahan

Kisaran Harga Paket Seserahan/ Hantaran Nikah

harga paket seserahan hantaran pernikahan

Dari segi Adat maupun Agama tidak ada tuntutan agar kamu mempersiapkan prosesi seserahan pernikahan dengan mewah. Jadi, prosesi seserahan sederhana juga tidak akan menjadi masalah.

Namun, sebaiknya terlebih dahulu menyiapkan budget agar dapat memperkirakan berapa pengeluaran kamu, karena biasanya ada biaya lain yang tidak terduga.

Berikut adalah perkiraan harga untuk melakukan seserahan secara terpisah, masing-masing harga diambil dari yang paling murah dan bersumber dari berbagai ecommerce dan marketplace:

NoJenis Seserahan PernikahanHarga
1Alat sholat satu setRp 300.000,-
2PerhiasanRp 600.000,-
3Pakaian wanitaRp 250.000,-
4Make upRp 200.000,-
5ToiletriesRp 100.000,-
6Skin careRp 200.000,-
7TasRp 250.000,-
8Alas kaki perempuanRp 200.000,-
9Jam tanganRp 400.000,-
10ParfumRp 150.000,-
11Buah-buahanRp 75.000,-
12Makanan tradisionalRp 300.000,-
13Suruh ayuRp 10.000,-
Rp 2.935.000,-

Total harga seserahan pernikahan sederhana ini masih bisa diminimalkan lagi dengan mengurangi isi yang tidak terlalu wajib ada seperti jam tangan dan parfum.

Bisa juga dengan memilih toko atau tempat lain dengan harga yang lebih murah dari tabel di atas, misalnya kamu mengetahui toko alat sholat yang harganya lebih murah.

Kamu juga bisa menggunakan jasa paket seserahan nikah yang tersedia dan selain membeli bahan seserahan secara terpisah seperti di atas.

Kisaran harga dari paket seserahan untuk pernikahan sendiri sangat beragam dan bergantung dari isinya. Kamu bisa memesan paket terpisah untuk seserahan Make up atau perhiasan ataupun paket lengkap.

Secara umum harga paling murah berkisar antara Rp 900.000,- hingga ada yang puluhan juta rupiah untuk paket dengan 5 hingga 7 isi seserahan.

Jika sudah mengetahui perkiraan harga seserahan baik secara terpisah atau paketan, segera tentukan rencana keuangan kamu, ya.

Meskipun hukumnya tidak wajib dalam agama Islam, tetapi seserahan masih termasuk prosesi sakral terutama dalam pernikahan adat Jawa. Namun, kamu bisa melakukan prosesi ini sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki sehingga bisa dilakukan secara sederhana.

Baik dari perspektif agama Islam dan adat Jawa, seserahan bukan ajang pamer harta karena bisa dilakukan dengan sederhana. Sebaliknya, seserahan pernikahan adalah momen penuh makna sebelum kamu membina keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah.

Leave a Comment