Susunan Acara Pernikahan: Dari Akad Nikah hingga Resepsi

Agar acara pernikahan berjalan secara lancar dan terlaksana sesuai budget, maka perlu dibuat yang nama susunan acara pernikahan.

Dua sisi utama sebagai pertimbangan susunan acara pernikahan: Konsep dan Budget.

Konsep benar-benar harus kamu perhatikan agar pernikahan sesuai dengan adat, budaya keluarga kamu dan calon mempelai.

Satu sisi lainnya adalah budget pernikahan. Tentu setiap calon mempelai inginnya acara pernikahan diselenggarakan secara wah, namun juga perlu disesuaikan dengan kemampuan financial calon mempelai ataupun keluarganya.

Agar match antara keduanya, pernikahan sesuai konsep dan sesuai budget, maka penentuan susunan acara pernikahan harus benar-benar direncanakan dengan matang dan jauh-jauh hari sebelum hari H akad atau resepsi pernikahan.

Banyak yang bingung diantara capeng terkait dengan susunan acara pernikahan mulai dari akan nikah hingga resepsi.

Nah, untuk kamu yang kebetulan sedang berada pada situasi ini, tenang saja, pada kesempatan kali ini akan diulas apa saja susunan acara untuk akad nikah dan juga susunan acara saat resepsi.

Susunan acara akad dan resepsi pernikahan di bawah ini sifatnya general. Tapi setidaknya bisa kamu jadikan kisi-kisi, adapun detailnya bisa kamu sesuaikan dengan adat dan budaya suku atau keluarga kamu dan calon pasangan.

Susunan Acara Akad Nikah

susunan acara pernikahan - akad

Kamu pastinya sangat sepakat jika akad nikah merupakan kunci dari sebuah pernikahan. Sebuah acara keagamaan yang bertujuan untuk menyatukan kedua mempelai untuk menjadi sepasang suami istri yang sah di hadapan Allah SWT.

Acara akad nikah umumnya berjalan dengan penuh sakral. Tidak jarang sampai banyak yang meneteskan air mata. Oleh sebab itu susunan acara akad nikahnya pun harus disusun sebaik mungkin.

Jangan sampai karena dibuat asal-asalan, berdampak pada kesakralan dari prosesi akad nikah itu sendiri. Pada umumnya, susunan acara pernikahan yang dilakukan pada saat akad nikah adalah:

1. Sambutan dari Keluarga Kedua Calon Mempelai

Untuk acara yang pertama ini umumnya dimulai dari sambutan perwakilan keluarga calon pengantin pria terlebih dahulu.

Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan balasan dari perwakilan keluarga calon pengantin wanita.

2. Seserahan Pernikahan Secara Simbolis

Biasanya acara seserahan pernikahan secara simbolis ini dilakukan oleh ibu dari calon pengantin pria kepada ibu dari calon pengantin wanita.

3. Pembacaan Ayat Suci al-Qur’an

Setelah acara seserahan pernikahan secara simbolis dilakukan, susunan acara nikah dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an.

4. Khutbah Nikah

Umumnya khutbah nikah ini dibacakan oleh petugas dari KUA atau penghulu. Namun tidak jarang khutbah nikah ini dibacakan oleh pemuka agama atau ulama yang sengaja diundang oleh pihak keluarga calon pengantin wanita.

Khutbah nikah sendiri berfungsi sebagai pembekalan untuk kedua calon pengantin. Selain itu juga berfungsi sebagai pengingat tentang begitu pentingnya menjaga keutuhan di dalam pernikahan.

5. Ijab Kabul

Setelah khutbah nikah selesai dibacakan, akan dilanjutkan dengan ijab kabul. Ijab kabul sendiri bisa dikatakan sebagai puncak susunan acara pernikahan. Pasalnya pada moment inilah kedua pasangan akan sah secara agam menjadi suami istri.

Di sini wali atau orang tua calon pengantin wanita akan menikahkan putrinya pada calon pengantin laki-laki. Namun biasanya banyak wali atau orang tua calon pengantin wanita yang memilih mewakilkannya. Baik itu diwakilkan ke petugas KUA atau pemuka agama yang sengaja diundang.

6. Do’a Nikah

Setelah acara ijab kabul selesai dilakukan, akan dilanjutkan dengan pembacaan do’a nikah.

Biasanya doa nikah ini akan langsung dibacakan oleh penghulu atau petugas KUA. Namun banyak juga yang meminta doa nikah ini dibacakan oleh pemuka agama atau ulama yang secara khusus diundang.

7. Penandatanganan Buku Nikah

Setelah doa nikah selesai dibacakan, maka kedua mempelai diminta untuk menandatangani dokumen pernikahan. Salah satunya adalah buku nikah ini. Dengan demikian, pernikahan sudah sah secara hukum agama maupun hukum negara.

8. Serah Terima Mahar

Setelah proses penandatanganan dokumen pernikahan selesai, maka susunan acara pernikahan saat akad dilanjutkan dengan serah terima mahar pernikahan.
Pengantin pria akan menyerahkan mahar pernikahan ke pengantin wanita. Biasanya mahar ini diserahkan secara simbolis.

9. Tukar Cincin

Setelah mahar pernikahan diserahkan, acara berikutnya adalah tukar cincin. Dalam hal ini kedua pengantin akan saling memasangkan cicin kawin pada jari manis pasangannya.

10. Nasihat Pernikahan

Setelah acara tukar cincin selesai, maka acara di lanjut dengan nasihat pernikahan.
Di sini kedua mempelai akan diberikan nasihat mengenai hak dan juga kewajibannya masing-masing. Apa yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan sebagai pasangan suami istri.

11. Penutup

Untuk acara penutup ini umumnya dengan pembacaan doa. Biasanya dibacakan oleh pemuka agam atau ulama yang memang sengaja diundang secara khusus atau bisa juga dibacakan oleh penghulu.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

susunan acara pernikahan - resepsi

Hari yang selama ini ditunggu-tunggu telah tiba. Kamu berdua secara resmi sudah sah menjadi pasangan suami istri baik di mata hukum agama maupun hukum negara. Nah, biasanya setelah acara akad nikah selesai, maka akan dilanjutkan dengan acara resepsi pernikahan.

Dikarenakan ini juga acara yang tidak kalah pentingnya, sudah pasti harus dipersiapkan secara matang. Salah satunya adalah berkaitan dengan susunan acara pernikahan pada saat acara resepsi.

Nah, terkait dengan susunan acara resepsi pernikahan, berikut ini adalah urutan acara yang umum pada resepsi pernikahan.

1. Pembukaan

Umumnya acara resepsi pernikahan akan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara.

2. Penyambutan Kedua Mempelai

Setelah acara resepsi pernikahan dibuka oleh pembawa acara, umumnya akan dilanjutkan dengan penyambutan kedua mempelai.

Di sini, pembawa acara akan mempersilahkan kedua mempelai untuk memasuki lokasi acara lalu duduk di kursi pelaminan yang sudah dipersiapkan.

3. Tamu Dipersilahkan Menikmati Hidangan

Usia kedua mempelai duduk di kursi pelaminan, para tamu undangan umumnya akan diarahkan untuk menikmati hidangan. Sambil menikmati hidangan yang sudah disediakan, biasanya akan ditemani dengan hiburan.

4. Special Performance

Sambil menikmati hidangan yang sudah disediakan, biasanya ada beberapa pengantin yang memberikan kejutan kepada para tamu undangan dengan membuat special performance.

Contohnya dengan acara quiz bagi-bagi hadiah, menghadirkan penceramah kondang…dll.

5. Foto Bersama

Foto bersama adalah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dalam acara resepsi pernikahan. Biasanya para tamu undangan sebelum pulang akan diajak berfoto terlebih dahulu bersama kedua mempelai.

6. Penutup

Setelah sesi foto selesai, pembawa acara akan menutup acara resepsi pernikahan. Sambil menutup acara, tidak lupa pembawa acara akan mengucapkan selamat kepada kedua mempelai.

Artikel Rekomendasi:

Checklist Persiapan Pernikahan (Lengkap Tinggal Contek)

Tak lupa pembawa acara mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang sudah hadir. Sekaligus meminta maaf jika selama memandu acara pernikahan dari mulai akad hingga resepsi ada kesalahan.

Ingat, acara pernikahan adalah moment paling sakral sekaligus terindah. Untuk itu jangan sampai kamu merencanakannya dengan asal-asalan. Apalagi terkait dengan susunan acara pernikahan.

Leave a Comment