Undangan Pernikahan Digital: Harga & Cara Membuatnya

Mempersiapkan acara pernikahan tidak bisa lepas dari proses pembuatan undangan. Era teknologi yang semakin maju memungkinkan  calon pengantin membuat undangan pernikahan digital. Selain terkesan modern, ternyata hal ini juga bisa menghemat biaya lho.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya (di mana era sosial media belum meledak seperti sekarang), undangan digital tidak terkesan tabu belakangan ini. Dahulu, kita mungkin merasa tidak sopan kalau memberikan undangan hanya lewat sosmed, tapi sekarang ini hal tersebut sesuatu yang lumrah.

Kalian mungkin salah satu yang sudah pernah melihat atau mendapatkan undangan digital yang disebar melalui media sosial (entah via WA ataupun FB).

Bagi yang berminat menggunakan undangan jenis ini, yuk simak ulasan berikut ini.

Bentuk-Bentuk Undangan Pernikahan Digital

undangan pernikahan digital

Membuat undangan dengan media digital menjadi salah satu trend yang tengah hype belakangan ini. Bagaimana tidak, kita tidak perlu repot memperhitungkan berapa cetak kertas undangan yang ingin disebar.

Mungkin sebagian calon penganting juga menggunakan undangan fisik sekaligus undangan digital sesuai kebutuhan. Sebenarnya, apa sajakah bentuk-bentuk undangan digital?

1. Undangan Digital Berbentuk Grafis/Gambar

Undangan digital berbentuk grafis atau gambar menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Undangan ini terlihat cukup simple dan memuat berbagai informasi seperti nama mempelai, lokasi, dan waktu diberlangsungkannya pernikahan.

Pada dasarnya, undangan ini tidak jauh berbeda ketika kita melihat undangan klasik. Hanya saja, bentuknya berupa grafis digital yang bisa didesain sesuai keinginan calon pengantin.

Kelebihan:

  • Mudah disebar karena ukuran file yang relatif lebih kecil.
  • Proses pembuatan cenderung mudah, bahkan bisa didesain sendiri.
  • Jika ingin menggunakan jasa, undangan digital gambar harganya relatif lebih murah.
  • Banyak referensi yang bisa dilihat apabila ingin mendesain sendiri.

Kekurangan:

  • Terkesan kurang formal karena terlalu simple.
  • (Maaf) terkesan murahan.

2. Undangan Digital Berbentuk Video

Bentuk undangan digital yang satu ini memungkinkan kamu memasukkan banyak informasi yang diperlukan. Tidak seperti undangan grafis atau gambar, undangan digital video tampak lebih interaktif. Dengan undangan video, kita juga bisa menyisipkan lagu romantis di dalamnya.

Kelebihan:

  • Bisa memuat banyak informasi maupun gambar di dalamnya.
  • Lebih menarik karena lebih interaktif.

Kekurangan

  • Ukuran file lebih besar dibanding gambar.
  • Rentan dihiraukan karena membutuhkan proses loading.

3. Undangan Digital Berbentuk Website

Nah, bentuk undangan digital yang satu ini termasuk terobosan baru. Penggunaan undangan digital website belum sebanyak undangan grafis/gambar maupun video. Meski demikian, bentuk undangan ini memiliki ciri khas tersendiri karena memuat fitur yang beragam.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk undangan digital berbentuk website memang relatif lebih besar. Meski demikian, hal tersebut tetap tidak lebih besar dibanding harga yang harus dikeluarkan untuk undangan fisik.

Kelebihan:

  • Terkesan lebih profesional dibanding undangan berupa gambar digital.
  • Memungkinkan penggunaan gambar yang dimuat di dalam website tersebut.
  • Lebih menarik dan modern karena bisa menambahkan fitur kehadiran. Melalui undangan ini, bisa dilihat siapa saja yang akan hadir ke acara pernikahan.
  • Bisa diisi lagu, musik ataupun suara lain (misal seperti lantunan ayat-ayat Al-Qur’an ataupun puisi romantis ).

Kekurangan:

  • Biaya lebih mahal karena membutuhkan server website.
  • Perlu dibuat oleh penyedia jasa profesional karena membutuhkan skill khusus.

Kisaran Harga Undangan Digital

Jika berminat menggunakan undangan digital untuk pernikahan, sebaiknya ketahui kisaran harga yang harus dikeluarkan.

Pada dasarnya, harga yang dipatok tergantung dari penyedia jasa dan serumit apa desain yang dipesan. Sebagai referensi, berikut kisaran harga undangan digital yang bisa disimak.

  • Undangan digital grafis/gambar: Rp50.000
  • Undangan digital video: Rp75.000
  • Undangan digital website: Rp200.000

Cek Di Sini: Beberapa Contoh Undangan Pernikahan Yang Menginspirasi

Cara Membuat Undangan Digital Gambar/Grafis Menggunakan Canva

1. Buka Website Canva

Nah, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengakses webiste Canva di https://www.canva.com. Pada tampilan awal, silahkan login jika sudah memiliki akun. Jika baru pertama kali menggunakan Canva, silahkan masuk dengan akun Google atau Facebook.

2. Mulai Desain Pertama

Setelah berhasil login, pengguna bisa membuat desain pertama dengan mengetikkan “kartu undangan” pada kolom pencarian. Setelah itu, akan muncul banyak template yang bisa digunakan , pilih desain dan ukuranya sesuai kebutuhan.

3. Mengkreasikan Undangan

Setelah memilih template, selanjutnya bisa mengkreasikan undangan digital. Nah, caranya adalah dengan menarik template ke lembar kerja kalian. Perhatikan lembar kerja dan gunakan tools yang disediakan, misaknya dengan memilih model tulisan, mengatur posisi tulisan, dan sebagainya.

4. Menambahkan Gambar/Foto

Terkadang kita ingin menambahkan gambar atau foto untuk undangan digital grafis. Nah, caranya bisa dengan klik menu Unggah Gambar lalu tarik gambar yang dipilih ke lembar kerja. Jika sudah, tinggal sesuaikan posisi dan ukuran agar serasi dengan tulisan.

5. Mengubah Background

Untuk mengubah background undangan digital, caranya dengan klik opsi Latar. Setelah itu, pilih gambar atau warna yang ingin dijadikan background. Apabila ingin menambah halaman, silahkan klik +Tambahkan halaman baru.

6. Download Hasil Desain

Jika sudah mengkreasikan undangan sesuai keingianan, saatnya mengunduh hasil desain. Caranya dengan klik ikon download yang berada di pojok kanan. Format file yang disarankan adalah PNG agar gambar terlihat lebih detail.

Dengan mengetahui keunggulan dari undangan pernikahan digital, calon penganting jadi lebih mudah menyiapkan hari bahagianya. Pilih bentuk undangan digital sesuai kebutuhan dan yang pasti buat desain yang unik dan menarik ya.

Leave a Comment